Selasa, 30 September 2014

Proposal Pengembangan Rumah Quran


Alhamdulillah setelah 1 tahun berjalan, Rumah al-Qur’an Akhwat telah memperlihatkan hasil-hasil yang cukup memuaskan, bahkan melampaui target yang diharapkan. Target Hafalan santri mukim 30 juz selama 3 tahun, Alhamdulillah 1 tahun pertama rata-rata santri telah melampaui target 10 juz, dengan hafalan terbanyak 17 juz. Jumlah santri non mukim pun terus bertambah dengan capaian kualitas yang juga cukup menggembirakan. Sampai saat ini tercatat 75 orang santri non mukim yang aktif mulai dari kelas tahsin 1 (dasar), tahsin 2 (lanjut) dan tahfizh. Semoga Allah memudahkan jalan dan menguatkan langkah-langkah kita.

Lihat Pengembangan Rumah Quran Terbaru




Di sisi lain, respon, animo dan apresiasi dari masyarakat pun semakin besar. Beberapa dari masyarakat, personal maupun komunitas, telah meminta kepada kami untuk membuka Rumah al-Qur’an baik untuk akhwat, ikhwan maupun anak-anak. Untuk itu, dengan memohon hidayah dan taufik dari Allah SWT, maka pada awal tahun 2013 ini kami akan membuka Rumah al-Qur’an Ikhwan dan Rumah al-Qur’an Anak-anak. Semoga Allah SWT meridhoi setiap rencana dan kerja-kerja kita.

Rumah al-Qur’an (RQ) Ikhwan insyaAllah akan bertempat di Islamic Centre Seturan, Depok, Sleman. Sebagaimana RQ Akhwat, RQ Ikhwan diharapkan akan melahirkan para Penghafal al-Qur’an (Hufazh) yang sekaligus menjadi para Pendakwah dan Pengajar al-Qur’an (Musyrif) di tengah masyarakat kelak. Peserta RQ Ikhwan adalah Ikhwan minimal Lulusan SMP, bisa Siswa SMU maupun Mahasiswa.

Rumah al-Qur’an (RQ) Anak-anak insyaAllah akan bertempat di Wedomartani, Ngemplak, Sleman. RQ Anak-anak akan fokus dalam mencetak anak-anak Penghafal al-Qur’an yang aktif dan intensif berinteraksi dan mencintai al-Qur’an sejak dini, sehingga akan menjadi bekal dan bingkai mereka dalam meniti tahapan-tahapan kehidupan selanjutnya.

Pada akhirnya dari Rumah al-Qur’an diharapkan lahir sosok-sosok Ahlul Qur’an, Ahlullah yang memakmurkan bumi dan meninggikan derajat peradaban ummat manusia dengan kemuliaan al-Qur’an. Allah al-Musta’aan.




A. AL-QUR’AN

Firman Allah SWT “Akan tetapi (dia berkata) : “Hendaklah kamu menjadi orang - orang rabbani [208], karena kamu selalu mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (Ali Imran:79)

“Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya?” (Al-Anbiya:10)

“Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yangmengambil pelajaran?”. (Al-Qamar:17,22,32,40)

“ Sesungguhnya orang - orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat danmenafkahkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka dengan diam-diam danterang-terangan mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. agar Allahmenyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunianya,sesungguhnya Allah maha pengasih lagi maha mensyukuri.” (Al-fatir 29-30)

B. HADITS NABI SAW

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas secara marfu:

“Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Quran sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh”. (Hadits diriwayatkan oleh Tirmizi dari Ibnu Abbas (2914), ia berkata hadits ini hasan sahih).

Dari Abi Hurairah Radiyallahu ‘anhu. bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: :”Penghafal Al Qur’an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Qur’an akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Qur’an kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Qur’an memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan” (Hadits diriwayatkan oleh Tirmizi dan ia menilainya hadits hasan (2916), Ibnu Khuzaimah, al hakim, ia meninalinya hadits sahih, serta disetujui oleh Adz Dzahabi(1/533).)




Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam:

“Dari  Buraidah Al Aslami Radiyallahu ‘anhu, ia berkata bahawasanya ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Pada hari kiamat nanti, Al Qur’an akan menemui shohibnya (pembaca dan penghafalnya) ketika mereka itu keluar dari kuburnya. Al Qur’an akan berwujud seseorang dan ia bertanya kepada penghafalnya: “Apakah anda mengenalku?”. Penghafal tadi menjawab; “saya tidak mengenal kamu.” Al Qur’an berkata; “saya adalah kawanmu, Al Qur’an yang membuatmu kehausan di tengah hari yang panas dan membuatmu tidak tidur pada malam hari. Sesungguhnya setiap pedagang akan mendapat keuntungan di belakang dagangannya dan kamu pada hari ini di belakang semua dagangan. Maka penghafal Al Qur’an tadi diberi kekuasaan di tangan kanannya dan diberi kekekalan ditangan kirinya, serta di atas kepalanya dipasang mahkota perkasa. Sedang kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat di bayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang tua itu lalu bertanya: “kenapa kami di beri dengan pakaian begini?”. Kemudian di jawab, “kerana anakmu hafal Al Qur’an. “Kemudian kepada penghafal Al Quran tadi di perintahkan, “bacalah dan naiklah ketingkat-tingkat syurga dan kamar-kamarnya.” Maka ia pun terus naik selagi ia tetap membaca, baik bacaan itu cepat atau perlahan (tartil). (diriwayatkan oleh Ahmd dalam Musnadnya (21872) dan Ad Darimi dalam Sunannya (3257).)

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca Al Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikanlah mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini: dijawab: “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur’an” (Hadits diriwayatkan oleh Al Hakim dan ia menilainya sahih berdasarkan syarat Muslim (1/568), dan disetujui oleh Adz Dzahabi)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam:

Dari Anas Radhiyallahu ‘anhu Ia berkata bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia.” Kemudian Anas berkata lagi, lalu Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bertanya: “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah. Baginda menjawab: “Ia itu ahli Qur’an (orang yang membaca atau menghafal Al- Qur’an dan mengamalkan isinya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.”

0 comments:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile